Sunday 15 February 2015

Cara Alami Menghilangkan Bekas Luka

Cara Alami Menghilangkan Bekas Luka - Kepercayaan diri seseorang terlihat dari penampilannya, terutama dari kulitnya. Seseorang akan percaya diri karena dia memiliki tampilan kulit seperti apa yang dia inginkan. Berbanding terbalik dengan seseorang yang mempunyai bekas luka pada kulitnya, orang tersebut akan merasa kurang percaya diri apabila mempunya bekas luka bakar di area yang sering terlihat, seperti di area betis, paha, lengan, wajah, dan diarea sekitar badan.

Untuk menghilangkan bekas luka yang lama atau baru memang tidaklah mudah. Akan dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan untuk dapat menghilangkannya. Dan apabila bekas luka tersebut tidak pernah dirawat dengan baik, maka luka tersebut bisa jadi tidak akan pernah hilang selamanya atau luka tersebut dapat menjadi keloid.

Tidak heran lagi jika seseorang sangat khawatir terhadap hal tersebut, bahkan ada dari mereka yang rela melakukan cara apa saja sekalipun harus mengeluarkan uang yang banyak. Berbagai produk lotion dan salep khususpun dibeli, bahkan juga ada orang yang nekat untuk mengoperasinya agar bisa mendapatkan hasil yang instan dan tentunya cepat. Tentunya hal seperti ini cukup diketahui saja bukan untuk dipraktekkan. Masih ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas luka ini, intinya tetap sabar saja.
Cara tradisional merupakan salah satu solusi terbaik yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah seperti ini, hanya saja kalau cara tradisional ini membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut ada beberapa tips cara menghilangkan bekas luka secara alami :

Mentimun
Mentimun (cucumis sativus) tidak hanya mengandung vitamin C dan potasium yang baik untuk mengatasi radikal bebas, tetapi juga memiliki kandungan air yang sangat tinggi dan tentunya sangat segar. Salah satu ahli kulit dari Jepang menyimpulkan bahwa mentimun juga memiliki kandungan silika yang dapat meningkatkan produksi kolagen dan dapat juga untuk mencegah kulit yang keriput. Hal ini terlihat dari banyaknya produk yang menggunakan mentimun sebagai salah satu bahan penting untuk perawatan kulit baik untuk melembabkan kulit, mengencangkan kulit, mengatasi jerawat dan bahkan untuk menghilangkan bekas luka pada kulit.

Untuk cara menghilangkan bekas luka dengan menggunakan buah mentimun hal yang pertama dilakukan adalah cuci buah mentimun hingga benar-benar bersih. Kemudian potong mentimun menjadi kecil-kecil, lalu dihaluskan dengan menggunakan blender atau juga bisa dilakukan dengan cara ditumbuk. Setelah benar-benar halus, oleskan langsung pada bekas luka dan biarkan sepanjang malam. Jika hal ini rutin dilakukan, maka bekas luka akan berangsur-angsur menghilang.

Madu
Madu memiliki banyak sekali khasiat untuk mengatasi masalah kesehatan pada tubuh. Madu juga dapat merangsang regenerasi sel, mendinginkan, mengurangi nyeri dan menghilangkan bekas luka. Sebaiknya madu yang digunakan untuk pengobatan ini adalah madu yang masih alami tanpa ada campuran apapun. Karena madu yang alami itu sangat luar biasa khasiatnya. Cara penggunaannya, oleskan madu secara merata pada luka. Diamkan selama 20-30 menit. Kemudian setelah selesai, bilaslah dengan menggunakan air hangat. Tentunya agar cara seperti ini dapat dilakukan dengan rutin agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Teh Hijau
Menurut para ahli, teh hijau memiliki kandungan Epigallocacethin Gallate (EGCG). Kandungan antioksidan ini memiliki kekuatan 200 kali lebih hebat dari vitamin E dan sudah terbukti dapat mengurangi aktivitas hormon penyebab jerawat, mengurangi peradangan pada kulit, mengontrol produksi minyak serta dapat juga menghilangkan bekas luka yang ditimbulkan akibat jerawat. Selain sebagai minuman, daun teh hijau dapat juga dijadikan toner. Caranya, siapkan kapas dan handuk kecil, kemudian basahkan dengan air teh hijau yang telah diseduh. Lalu, usakan kapas dan handuk kecil tersebut pada bagian luka yang sudah dibersihkan.

Daun Pare
Daun pare sangat terkenal pahitnya. Pare termasuk salah satu tanaman yang mempunyai banyak sekali khasiat untuk kesehatan. Selain buahnya, daunnya dapat juga digunakan untuk menyamarkan bekas luka.
Cara pembuatannya :
  • Sediakan segenggam daun pare yang masih segar, lalu cuci sampai bersih.
  • Remas daun pare sampai halus.
  • Tambahkan sedikit air hangat, lalu diperas.
  • Kemudian selanjutnya campurkan air perasan tersebut dengan dua sendok makan tepung beras hingga teksturnya berubah menjadi seperti lotion dan aduk sampai merata.
  • Balurkan pada bagian bekas luka.
  • Biarkan sampai mengering dan kemudian bilaslah sampai bersih.
Daun Mint
Daun mint (mentha piperita) adalah sebuah tanaman herbal yang sering digunakan untuk berbagai produk seperti odol, obat kumur, maupun minyak angin. Daun mint juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit. Daun mint juga sering digunakan untuk membantu mengobati jerawat, luka bakar, dan bahkan juga sangat ampuh untuk menghilangkan bekas luka. Caranya, ambil beberapa lembar daun mint. Cuci sampai benar-benar bersih dan haluskan hingga membentuk scrub. Kemudian oleskanlah kearea luka anda.

Lidah Buaya
Terkenal dengan khasiatnya yang mampu membantu pertumbuhan rambut secara alami. Lidah buaya mengandung lignin dan asam amino yang dapat melembabkan kulit dan meregenerasi kulit. Lidah buaya juga memiliki anti-radang yang dapat mengurangi radang pada kulit dan tentunya dapat menghilangkan bekas luka. Caranya, cukup oleskan lendir lidah buaya pada bekas luka secara rutin. Berhati-hatilah agar tidak kena bagian getah dari lidah buaya tersebut karena getah tersebut dapat membuat kulit terasa gatal.

Noni Juice
Mangandung senyawa scopoletin yang sangat bermanfaat sebagai zat anti radang. Noni juice juga digunakan untuk menghilangkan bekas luka bakar. Caranya, basahkan handuk kecil dengan noni juice. Kemudian, kompres bekas uka tersebut dan biarkan hingga mengering. Setelah selesai, bilaslah dengan menggunakan air hangat. Harap dilakukan secara rutin sampai benar-benar terlihat hasilnya. Minimal 2-3 kali sehari.

Sekian artikel mengenai cara alami menghilangkan bekas luka semoga dapat bermanfaat. Jangan lupa dishare ya teman-teman.

Artikel Terkait

Cara Alami Menghilangkan Bekas Luka
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email