Sunday 15 February 2015

Perawatan Rambut Berjilbab Agar Tetap Indah

Perawatan Rambut Berjilbab - Sekarang sudah banyak para kaum wanita yang memakai jilbab, yang merupakan anjuran dari agama Islam. Namun muncul permasalahan baru setelah memakai jilbab ini, yaitu rambut menjadi rusak dan kurang sehat. Untuk dapat mengatasi masalah tersebut, diperlukan cara yang benar agar nantinya dapat mengembalikan kesehatan dan keindahan rambut. Untuk itu, kali ini kita akan membahas mengenai cara merawat rambut berjilbab.


Banyak keluhan yang muncul setelah memakai jilbab. Salah satunya adalah rambut menjadi rontok setelah memakai jilbab. Padahal telah kita ketahui bahwa menggunakan jilbab merupakan identitas bagi wanita muslim. Kata pak dokter, sebenarnya kerusakan dan kerontokan rambut pada wanita yang berjilbab bisa diatasi dan dicegah dengan beberapa cara yang mudah. Berikut ada beberapa tips yang bisa dilakukan dalam merawat rambut saat menggunakan jilbab agar nantinya bisa membuat rambut menjadi sehat dan tentunya tetap indah untuk dilihat. Berikut tips merawat rambut berjilbab :
  • Jilbab yang bagus adalah yang terbuat dari bahan katun atau kaus. Karena pori-pori bahan tersebut dapat melancarkan sirkulasi udara. Hendaknya menggunakan jilbab dengan model yang lebih praktis. Dan apabila anda sering menggunakan model jilbab yang menumpuk tentunya akan membuat kulit kepala berkeringat dan akan memicu ketombe.
  • Hendaknya menggunakan model jilbab yang lebih praktis. Mungkin setau saya model jilbab sekarang ini banyak sekali variasinya  dengan warna dan bahan yang bertumpuk-tumpuk. Dalam pemakaian sehari-hari saat melakukan aktivitas yang padat, sebaiknya hindari pemakaian model jilbab yang bertumpuk.
  • Hindari berjilbab dalam keadaan rambut yang basah. Memakai jilbab saat rambut dalam kondisi yang basah akan meningkatkan kadar kelembaban rambut yang akan menyebabkan rambut menjadi rontok. Apabila anda akan mengeringkan rambut dengan hair dryer, hendaknya gunakan tempertur yang rendah dengan jarak antara 10-15 CM dari rambut.
  • Hindari pemakaian jilbab yang berwarna gelap. Sebaiknya jangan memakai jilbab yang berwarna gelap dalam kondisi cuaca yang panas. Karena jilbab yang berwarna gelap akan lebih cepat meyerap cahaya matahari yang akan dapat menyebabkan kondisi lembab disekitar kepala dan rambut. Akan lebih baiknya gunakanlah jilbab yang berwarna putih atau berwarna terang saat cuaca sedang panas.
  • Sebaiknya pilih jilbab dengan warna yang lembut, karena dapat memberikan efek yang sejuk terhadap kulit kepala sehingga folikel rambut tidak akan terhambat dalam pertumbuhan rambut.
  • Gunakanlah model rambut yang praktis. Hindari juga ambut yang terlalu panjang, karena akan membuat kepala menjadi terasa lebih panas akibat kurangnya sirkulasi udara. Untuk panjang rambut sebaiknya tidak lebih dari 60 CM. Sangat disarankan pada wanita untuk menghindari model potongan rambut yang berponi. Karena model tersebut akan merepotkan anda sendiri karena harus terus membereskan rambut-rambut poni yang keluar dari kerudung.
  • Selalu menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala. Keramaslah rambut secara teratur minimal 2-3 kali seminggu dan gunakan produk shampo, masker, conditioner dan serum yang tentunya sesuai dengan jenis rambut serta kebutuhan anda.
  • Sisir dan rapikanlah rambut sebelum dan sesudah memakai jilbab. Penggunaan sisirnya juga tidak sembarangan. Sebaiknya menggunakan sisir plastik yang bergigi jarang untuk mengurangi kerontokan pada rambut. Hindari juga menyisir dari garis belahan rambut karena awal kerontokan bisa bermula dari garis belahan rambut.
  • Cara mengikat rambut sebaiknya juga diperhatikan. Jika anda memiliki rambut yang anjang, gelunglah dan ikatlah dalam kondisi yang renggang dan pilihpengikat rambut dari bahan yang lembut. Hindari karet gelang dan jepitan besi karena akan bisa menyebabkan kerusakan rambut akibat pergesekan dengan bahan tersebut. Jangan juga mengikat rambut terlalu kuat dan kencang, karena akan menyebabkan kepala menjadi pusing.
  • Jaga juga kondisi makanan. Hendaknya mengkonsumsi makanan yang rendah lemak. Setelah melakukan perawatan dari luar, sebaiknya anda juga melakukan perawatan dari dalam. Konsumsilah makanan yang rendah lemak serta yang kaya akan protein, vitamin B-12, vitamin B-6 dan vitamin C, serta zat besi yang memiliki khasiat untuk menutrisi rambut secara alami. Pisang, bayam dan kacang-kacangan dapat juga menjadi pilihan.
  • Istirahatkan rambut anda, karena rambut jupa pasti akan membutuhkan istirahat yang cukup. Jika tidak menggunakan jilbab, sebaiknya istirahatkanlah rambut dengan membiarkannya tanpa ikatan. Beri juga kesempatan dan ruang untuk rambut anda bernapas. Dengan mengistirahatkan rambut dapat juga mengurangi kelembaban kulit kepala yang bisa menyebabkan kerontokan dan munculnya ketombe.
Catatan : untuk cara lebih jelasnya lebih baik konsultasi pada dokter spesialisnya.

Itulah artikel mengenai perawatan rambut berjilbab semoga dapat bermanfaat buat teman-teman semuanya.

Artikel Terkait

Perawatan Rambut Berjilbab Agar Tetap Indah
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email