Monday 2 February 2015

Cara Menghilangkan Jerawat

Cara Untuk Menghilangkan Jerawat - Jerawat adalah suatu masalah kesehatan pada kulit wajah yang sering sekali dikeluhkan, baik pria maupun wanita dan khususnya untuk seseorang yang masih dalam masa pertumbuhan (pubertas). Memiliki kulit wajah yang berjerawat tentunya akan mengurangi rasa kepercayaan diri seseorang dan juga akan menandakan bahwa seseorang itu kurang menjaga kebersihan wajahnya. Penyebab jerawat tumbuh diwajah tidak hanya disebabkan karena kurang menjaga kebersihan wajah, ada banyak sekali faktor yang menyebabkan jerawat itu tumbuh dan berkembang di wajah. Beberapa faktor yang menyebabkan tumbuhnya jerawat, yaitu: perubahan hormon, masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, stres, dan ada juga yang disebabkan oleh faktor keturunan (gen). Lalu Bagaimana cara menghilangkan jerawat itu ??

Berikut penjelasan sedikit mengenai penyebab datangnya jerawat :

Produksi Minyak Yang Berlebihan
Kulit wajah yang kotor bukan merupakan penyebab munculnya jerawat. Tetapi ada faktor lain yang menyebabkan kulit wajah ditumbuhi jerawat, yaitu faktor dari dalam tubuh. Jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak seseorang yang dapat menyebabkan tersumbatnya saluran pori-pori kulit.

Sel Kulit Mati
Kelenjar minyak yang berlebihan dan bercampur dengan sel kulit mati, itulah yang dapat menyebabkan munculnya jerawat. Hal ini akan meyebabkan jumlah sebum yang meningkat, dan campuran yang lengket dan tebal tersebut akan membentuk penyumbatan yang akan menjadi bintik putih ataupun hitam.

Bakteri
Berkembang biaknya bakteri p.acne di dalam kelenjar sebaceous yang tersumbat, kemudian akan menghasilkan zat yang menimbulkan iritasi. Kelenjar tersebut akan terus membengkak dan kemudian akan pecah, lalu akan menyebarkan radang kekulit daerah sekitarnya. Hal inilah yang akan menyebabkan timbul dan berkembangnya jerawat.

Obat-Obatan Dan Kosmetik
Bedak mengandung fondation yang akan menyebabkan bubuk bedak dengan mudah menyumbat pada pori-pori sehingga akan menyebabkan tumbuhnya jerawat. Begitu juga dengan penggunaan obat-obatan yang tentunya dapat mengakibatkan daya tahan tubuh menjadi berkurang dan lemah, juga akan meningkatkan potensi untuk tumbuhnya jerawat.

Faktor Keturunan Dan Lingkungan
Ketika kedua orang tua pada masa mudanya berjerawat, maka dapat dipastikan akan menurun kepada anak-anaknya. Faktor ini merupakan faktor penting yang menyebabkan munculnya jerawat, karena orang bilang “gimana orang tuanya, maka akan begitulah anaknya”. Selain itu, lingkungan sekitar tempat tinggal juga akan berpengaruh terhadap tumbuhnya jerawat. Dan juga gaya hidup yang tidak sehat akan akan mudah untuk tumbuh jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat
Pada saat wajah anda ditumbuhi oleh jerawat, apakah yang akan anda lakukan ?? tentunya hal pertama yang akan dipikirkan adalah bagaimana agar jerawat itu dapat dihilangkan dengan segera. Tentunya banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan jerawat ini, mulai dari penggunaan cream wajah atau obat-obatan penghilang jerawat yang didapatkan melalui resep dokter. Jangan menggunakan cream atau obat yang tidak jelas asal usulnya, biasanya akan mengandung bahan-bahan yang akan membahayakan bagi kulit, dan tentunya akan menimbulkan efek samping dalam jangka waktu yang panjang. Sebaiknya gunakanlah obat atau cream yang memang benar-benar berasal dari dokter.
Untuk itu tips menghilangkan jerawat secara alami merupakan alternatif yang sangat bagus yang dapat dilakukan untuk menghilangkan jerawat tanpa akan khawatir menimbulkan efek samping yang berbahaya. Berikut Mbahkulit telah siapkan beberapa tips untuk menghilangkan jerawat secara alami:

Putih Telur
Tentunya putih telur tidak hanya bisa mengencangkan kulit wajah saja. Putih telur juga dapat menghilangkan jerawat secara alami dengan membutuhkan waktu. Untuk caranya sangat mudah untuk dilakukan, pertama siapkan putih telur secukupnya kemudian masukkan dalam gelas dan di kocok hinggan akan menghasilkan busa. Lalu oleskan keseluruh permukaan wajah seperti halnya menggunakan masker biasa. Cukup diamkan selama 15 menit sampai akhirnya menjadi kering, dan kemudian bilas dengan air bersih hingga benar-benar hilang tanpa ada putih telur yang tersisa di wajah.

Tomat
Seperti kita ketahui bahwa tomat mengandung vitamin A dan juga vitamin C yang sangat bermanfaat untuk menghilangkan jerawat secara alami tanpa menimbulkan efek samping. Caranya adalah, iris tomat secukupnya saja, lalu tempelkan atau oleskan pada wajah yang berjerawat. Kemudian diamkan sekitar 15 menit lalu bilas hingga benar-benar bersih. Dan lakukanlah hal seperti ini secara rutin.

Jeruk Nipis
Kandungan Citric Acid yang ada di jeruk nipis akan dapat menghilangkan sel kulit mati penyebab jerawat. Untuk ramuannya dapat dicampurkan dengan air mawar. Caranya sangat mudah, cukup dengan mencampurkan perasan jeruk nipis dengan beberapa tetes air mawar, kemudian oleskan ke seluruh permukaan wajah, dan diamkan selama 10-15 menit. Lalu untuk membilasnya sebaiknya menggunakan air hangat.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan jerawat. Hal seperti di atas hendaknya dilakukan secara rutin dan bahkan setiap hari tanpa harus khawatir menimbulkan efek samping. Semua bahan di atas memang telah terbukti keampuhannya dalam mengatasi masalah jerawat. Selain itu, kalau memang benar-benar pengen menghilangakn jerawat, lakukanlah pola hidup yang sehat.

Sekian tips mengenai Cara Menghilangkan Jerawat, semoga bermanfaat. Jangan lupa di share ya, agar dapat bermanfaat juga untuk orang banyak.

Artikel Terkait

Cara Menghilangkan Jerawat
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email